Sijago Merah Lalap Bangunan Kedai, Istano Basa Nyaris Terbakar Lagi

0
3447

SABANA KABA, Tanah Datar—Peristiwa Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Tanah Datar, dua unit bangunan Rumah, Rumah Makan dan Caffe yang berada disamping Istano Basa Pagaruyung atau di Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas dilalap sijago merah, Jumat (15/10/2021) sekitar pukul 11.35 Wib.

BACA JUGA : Berdalih Himpitan Ekonomi, Oknum Satpam Edarkan Sabu Disikat Polisi

Kepala Satpol PP Damkar Tanah Datar melalui Kasi Matkar (Keselamatan dan Kebakaran) Fauzi Arifin menyebutkan, bangunan yang berukuran sekitar 15 X 20 atau 300 meter tersebut merupakan milik Elfrinelsi (48 tahun) yang digunakan untuk RM. Tabek Sindao, Momo Crap dan sekalian sebagai tempat tinggal atau hunian.

“Kecuali itu, api juga membakar bangunan milik Alm. Arlismai (Kutai) dengan luas bangunan 15 X 3 meter atau sekitar 45 meter persegi dan bangunan ini dalam keadaan kosong sejak tahun 2020,” kata Fauzi Arifin menambahkan.

Pihak Damkar telah melakukan operasi pemadaman kebakaran 2 unit bangunan di Jorong Balai Janggo Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas tersebut, sehingga api tidak merembes ke bangunan berdekatan, termasuk Istano Basa Pagaruyung yang menjadi icon wisata Kabupaten Tanah Datar.

Fauzi selanjutnya mengatakan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun sumber kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik bangunan. Kerugian akibat kebakaran an. Elfrinelsi diperkirakan Rp. 300,- juta dan an. Alm. Armailis (Kutai) diperkirakan Rp. 50,- juta, sehingga secara total diperkirakan sebesar Rp.350,- juta.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun dalam upaya pemadaman dan pencegahan agar tidak merembes ke bangunan lain telah diturunkan 4 unit armada masing-masing dengan No. Pol. BA 9601 EF, BA 9013 EK, BA 90 31 EK dari Posko Utama Batusangkar, dan 1 Unit Dengan No. Pol BA 9113 EK dari Posko Salimpaung, melibatkan 30 Personil yang dipimpin langsung oleh Kasat Pol PP dan Damkar dan Kabid Damkar Drs. Iskandar Sagita, MM.

“Berkat kerja keras Tim Damkar dari Satpol PP Damkar Tanah Datar, pemadaman dan pencegahan kebakaran berakhir pukul 13.30 Wib. Berdasarkan dokumentasi yang diterima kondisi rumah semi permanen yang telah dipadamkan habis dan tidak bisa dihuni lagi oleh pemiliknya,” kata Fauzi Arifin mengakhiri.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here