Musnag Balimbiang Digelar, Ini Penjelasan Kepala Dinas PMD PPKB Tanah Datar

0
677

SABANA KABA, Tanah Datar—Musyawarah Nagari merupakan musyawarah antara Badan Permusyawaratan Rakyat Nagari atau BPRN, Pemerintah Nagari dan Unsur Masyarakat yang diselenggarakan oleh BPRN untuk menyepakati hal yang bersifat strategis.

BACA JUGA : Berusaha Lari Saat Ditangkap, Terduga Pelaku Curanmor Dihadiahi Timah Panas

Demikian disampaikan Plt.Kepala Dinas PMD PPKB Tanah Datar Heru Rakhman, S.STP selaku Ketua Tim II Musnag Tanah Datar dalam acara pembukaan Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Balimbiang Kecamatan Rambatan di Kantor Wali Nagari setempat, Senin (10/07/2023).

Dikatakan, hasil Musyawarah Nagari menjadi pedoman bagi Pemerintah Nagari dalam menyusun rencana RKP Nagari dan Daftar Usulan RKP Nagari. Pada hari ini kita membahas hal-hal antara lain mencermati ulang dokumen RPJM Nagari menyepakati hasil pencermatan ulang dokumen RPJM Nagari dan membentuk Tim Verifikasi.

Musyawarah Nagari merupakan wadah penting dan strategis bagi masyarakat untuk menyalurkan gagasan dan kebutuhannya agar dapat difasilitasi oleh Pemerintah Nagari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Nagari, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Undang-Undang tersebut mengamanatkan bahwa Rekomendasi Musyawarah Nagari menjadi pedoman bagi Pemerintah Nagari, BPRN dan lembaga di nagari dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

Sementara Camat Rambatan Roza Melfita, S.STP dalam kesempatan itu mengajak agar peserta Musnag dapat mensiknronkan perencanaan nagari dengan program Pemkab Tanah Datar, termasuk diantaranya penurunan angka stunting, sehingga tak bermasalah dalam pelaksanaan dikemudian hari.

“Hasil Musnag Nagari Balimbiang diharapkan lebih baik dan siap menjelang September 2023, sehingga dapat ditetapkan menjadi Peraturan Nagari Balimbiang,” kata Roza Melfita yang juga mantan Kabid IKP Dinas Kominfo Tanah Datar ini menambahkan.

Sedangkan Wali Nagari Balimbiang A Dt.Bagindo Basa dalam laporan pelaksanaan kegiatan tahun 2023 ada yang belum terlaksana dan ada yang sedang berjalan serta ada pula yang sudah dilaksanakan.

Menurut Wali Nagari, kegiatan yang belum terlaksana berupa pembukaan jalan baru Gantiang-Bukik Koto Jor Bukik Tamasu, Pemeliharaan jalan lingkar Guguak Ingin-Kandi Jor.Padang Pulai, lanjutan pembangunan Jalan Talago Duo Bukik Tamasu.

“Yang sudah terlaksana diantaranya, pengecoran jalan Balantak Raya, RTUH (Rumah Tidak Layak Huni) Irwan Danus, Nurbaiti, Pardianto, Fitri Netti Marwardi, Nelvi dan Erawati,” sambung A.Dt.Bagindo Basa. Musnag Balimbiang dibuka secara oleh Ketua BPRN Hamidi Rahmat Dt.Gadang, SH, MH dihadir cukup ramai para tokoh masyarakat.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here