Agar Lebih Nenarik, Lima Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu saat Lebaran

0
692
Sumber: pexels.com

Datangnya hari raya Idul Fitri selalu membuat semua umat Islam bersiap menyambutnya. Mulai dari persiapan pakaian, makanan dan membuat dekorasi ruang tamu menjadi lebih menarik agar hari raya terasa semakin spesial.

Peran ruang tamu saat lebaran menjadi sangat penting karena ruang itulah yang digunakan untuk menerima tamu. Agar silaturahmi semakin berkesan dan tamu merasa nyaman, maka ruang tamu harus bersih, tampak indah dan tertata.

5 Inspirasi Desain Ruang Tamu saat Lebaran

Bukan masalah jika ruang tamu Anda merupakan bangunan lama. Anda tetap bisa menjadikan ruang tamu terlihat modern dengan beberapa sentuhan. Inilah ide desain ruang tamu khas lebaran yang bisa Anda tiru:

1. Tema Arabian

Ruang tamu bertema Arabian cocok sekali untuk menyambut tamu di hari raya Idul Fitri. Nuansa ala Timur Tengah itu sangat tepat dengan perayaan lebaran. Dijamin ruang tamu Anda akan menjadi ruangan yang mengesankan para tamu.

Anda bisa menerapkan tips menata ruang tamu bertema Arabian dengan membuat tempat duduk lesehan. Tambahkan bantal pada tempat duduk. Lengkapi ruangan dengan ornamen ala Timur Tengah seperti lentera, lilin dan permadani.

2. Gaya Minimalis Modern

Ide dekorasi ruang tamu dengan gaya minimalis modern cocok untuk rumah dengan desain serupa. Untuk gaya yang satu ini, Anda mungkin tidak memerlukan banyak ornamen tambahan untuk menghias ruang tamu.

Anda cukup memastikan ruang tamu bersih dan beberapa bagian telah sesuai dengan konsep. Termasuk penggunaan furniture ruang tamu seperti sofa dan meja yang juga harus bergaya minimalis modern. Warna netral seperti abu-abu bisa jadi pilihan.

3. Ciri Khas Lebaran

Selain tema Arabian, Anda juga bisa mendesain ruang tamu dengan ciri khas lebaran di Indonesia. Beberapa ornamen harus mewakili ciri khas hari raya, seperti hiasan berbentuk ketupat dan miniatur bedug masjid.

Lebaran di Indonesia juga identik dengan tema warna serba hijau. Anda bisa menerapkan warna tersebut untuk dinding ruang tamu hingga warna ornamen hiasan. Jika ingin lebih menarik, pilih kombinasi warna yang serasi dengan warna hijau.

4. Sentuhan Motif Etnik

Ide desain ruang tamu yang satu ini juga bisa Anda coba. Tidak perlu melakukan perubahan besar-besaran pada ruang tamu. Anda hanya perlu mengganti sarung bantal di ruang tamu dengan sarung bantal bermotif etnik.

Untuk menonjolkan kesan tersebut, Anda tinggal memasang karpet dengan motif etnik. Selanjutnya, perabot yang ada bisa digunakan asal sesuai dengan konsep etnik. Anda bisa mempertahankan penggunaan barang lain yang warnanya netral.

5. All in White

Hari raya Idul Fitri dikatakan sebagai hari kembali suci yang erat berhubungan dengan warna putih. Ini bisa Anda jadikan ide untuk menata ulang ruang tamu yang lebih istimewa untuk menyambut tamu.

Anda bisa menerapkan konsep all in white dengan sebagian besar furnitur dan ornamen berwarna putih. Anda sebenarnya tetap bisa bermain dengan warna lain. Namun pastikan warna lain itu serasi dengan warna putih.

Itulah beberapa ide untuk dekorasi ruang tamu yang bisa Anda terapkan saat lebaran. Tampilan ruang tamu yang bagus tentu akan membuat tamu berkesan dan menjadikan silaturahmi jadi semakin bermakna.

Untuk ruang tamu yang semakin indah, pilihlah furnitur dari iFurnholic yang bisa Anda beli di Blibli. Ada banyak pilihan furnitur, seperti bangku sofa, meja tamu, meja TV hingga rak buku yang dijamin akan membuat ruang tamu Anda semakin indah.

Dapatkan produk iFurnholic hanya di Blibli yang pasti berkualitas dan terjamin asli. Dapatkan pula beragam keuntungan berbelanja furnitur rumah di Blibli berupa diskon, cashback hingga layanan gratis ongkos kirim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here