Batipuah Baruah Gelar Musnag, Wali Nagari Mulyadi.BJ Minta Jalan Usaha Tani Diprioritaskan

0
551

SABANA KABA, Tanah Datar–Wali Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah Mulyadi. BJ minta kepada Musyawarah Nagari (Musnag) agar dapat memprioritaskan perencanaan pembangunan nagari kepada jalan usaha tani, karena bila perhubungan ke lokasi usaha tani lancar akan dapat mendukung perekonomian masyarakat.

BACA JUGA : Batipuah Baruah Gelar Musnag, Wali Nagari Mulyadi.BJ Minta Jalan Usaha Tani Diprioritaskan

Permintaan tersebut disampaikan Wali Nagari Mulyadi.BJ ketika memberikan kata sambutan dalam acara pembukaan Musyawarah Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah di aula kantor wali nagari setempat, Selasa (25/07/2023).

Dikatakan, meskipun dana pembangunan hanya sekitar Rp.393,52 juta, namun kita harus arif dan bijaksana dalam memanfaatkannya, mengingat sebahagian besar masyarakat Batipuah Baruah masih memilliki mata pencaharian di sektor pertanian.

Ia juga menyebut, dengan adanya anggota DPRD dari nagari Batipuah Baruah dan sekitarnya, Alhamdulillah dana Pokir atau BKBK yang masuk ke nagari ini cukup banyak. Kedepan, kita madih butuh anggota DPRD Tanah Datar dari sendiri, meskipun Engku Dt.Bungsu sudah memutuskan untuk maju di DPRD Sumbar.

Sementara Ketua Tim III Fasiltasi Musnag Tanah Datar diwakili Kadis Koperindag Hendra Setiawan dalam kesempatan itu mengingatkan peserta Musnag tentang hasil Musyawarah Nagari menjadi pedoman bagi Pemerintah Nagari dalam menyusun rencana RKP Nagari dan Daftar Usulan RKP Nagari.

“Pada hari ini kita membahas hal-hal antara lain mencermati ulang dokumen RPJM Nagari menyepakati hasil pencermatan ulang dokumen RPJM Nagari dan membentuk Tim Verifikasi,” tambahnya.

Musyawarah Nagari merupakan wadah penting dan strategis bagi masyarakat untuk menyalurkan gagasan dan kebutuhannya agar dapat difasilitasi oleh Pemerintah Nagari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Nagari, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Undang-Undang tersebut mengamanatkan bahwa Rekomendasi Musyawarah Nagari menjadi pedoman bagi Pemerintah Nagari, BPRN dan lembaga di nagari dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

Kepada peserta Musnag, Bupati minta agar dapat berperan aktif, sehingga menghasilkan yang terbaik untuk nagari. Musnag Nagari Tanjung Barulak yang dihadiri utusan OPD, Sekcam,BPRN, KAN, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya yang kdibuka secara resmi oleh Ketua BPRN Batipuah Baruah Misbah.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here