Buka Usaha Penggemukan Sapi, Bumnag Tigo Sarumpun Hasilkan Rp.5,7 Juta untuk Nagari

0
693

SABANA KABA, Tanah Datar–Bumnag Tigo Sarumpun Nagari III Koto Kecamatan Rambatan mampu memberikan konstribusi Rp.5,7 Juta setahun dari hasil usaha untuk Nagari III Koto, memanfaatkan sisa usaha peternakan penggemukan sapi.

BACA JUGA :Pusing Dililit Hutang Hingga Rp.50,- Juta, Pria Ini Nekat Culik Anak Dibawah Umur

Demikian dikemukakan Wali Nagari III Koto Willy Adha, S.Sy ketika memberikan kata sambutan dalam acara Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari III di ruang pertemuan Kantor Wali Nagari setempat, Rabu (13/07/2023).

Dikatakan,selain penggemukan sapi, kedepan Bumnag Tigo Sarumpun kedepan juga akan mengembangkan depot air minum yang direncanakan akan dibantu Pemerintahan Nagari III Koto sebesar Rp.80,- juta.

“Sementara untuk penggemukan sapi, kita sudah glontorkan dana nagari untuk Bumnag Tgo Sarumpun sebesar Rp.100,- juta,” kata Willy Adha menambahkan.

Menurut Wali Nagari, selama ini depot air minum, masih dipasok oleh nagari tetangga, namun kedepan kita akan coba dikelola oleh Bumnag dan kita yakin usaha depot air minum masih menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan.

Kecuali itu, kata Willy Adha, Pemerintahan Nagari III Koto sejak beberapa waktu lalu juga sedang memfasilitasi pengurusan “Sertifikat Halal” untuk 50 orang pengusaha UKM (Usaha Kecil dan Menengah di Nagari III Koto. Dari jumlah tersebut, 17 orang diantaranya sudah dimiliki dan sisanya masih dalam proses.

Ketua Tim II Tanah Datar diwakili Camat Rambatan Roza Melfita, S.STP mengatakan, Musyawarah Nagari merupakan wadah penting dan strategis bagi masyarakat untuk menyalurkan gagasan dan kebutuhannya agar dapat difasilitasi oleh Pemerintah Nagari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Nagari, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Undang-Undang tersebut mengamanatkan bahwa Rekomendasi Musyawarah Nagari menjadi pedoman bagi Pemerintah Nagari, BPRN dan lembaga di nagari dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

“Untuk itu, mari kita berperan aktif dalam diskusi kelompok, sehingga dapat menghasilkan perencanaan yang baik dalam pembangunan,” kata Camat mengakhiri. Musnag dibuka secara resmi oleh Ketua BPRN Latra Doni Dt.Paduko Basa.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here