Dikemas Fadilla Oziana, S.Sn, Tari Kolosal Malomang Bangkitkan Tradisi Lama

0
1028

SABANA KABA, Tanah Datar–Tari kolosal “Malomang” yang ditampilkan ditampilkan dalam Satu Nagari Satu Event dengan tema Limo Kaum Malomang membuat pengunjung berdecak kagum, karena selain dirancang cukup sempurna dan ditarikan cukup sukses oleh anak nagari Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum di Sawah Ambuyuk Balai Labuah Bawah, Sabtu (22/07/2023).

BACA JUGA : Berikan Kemudahan, PWI Riau Fasilitasi Anggota dan Keluarga Pembuatan Paspor Kolektif

“Tari Malomang ini merupakan sebuah karya tari yang terinspirasi dari salah satu tradisi yang ada di Minangkabau dan Lima Kaum pada khususnya,” kata Koreografer Tari Malomang Fadilla Oziana,S.Sn disela-sela berlangsungnya penampulan yang melibatkan remaja putri dan emak-emak Lima Kaum.

Menurut Fadilla Oziana yang akrab dipanggil Dila ini, Malomang itu sendiri merupakan cara memasak dengan menggunakan media bambu yang kemudian dibakar di atas bara api.

Tradisi ini sudah berlangsung dari zaman dahulu dan masih di turunkan dari generasi ke generasi hingga saat ini. Biasanya tradisi ini dilakukan pada acara-acara besar seperti menyambut Hari Raya Idul Adha, Peringatan Tahun Baru Muharram dan acara lainnya.

“Tari ini ditarikan oleh lebih dari 50 orang penari yang terdiri dari anak-anak, remaja dan ibu-ibu yang berasal dari setiap jorong yang ada di nagari Limo Kaum,” tambah Dila dengan senyum khasnya.

Ia menyebut, pola-pola yang dibentuk dalam Koreografi Tari Malomang dengan konposer Zulkifli, S.Sn dan Indra Arifin,S.Sn.M.Sn diantaranya menggambarkan beberapa unsur-unsur filosofis dalam malomang seperti kerjasama, kepekaan rasa, gotong royong dan lainnya.

Begitu tampil Tari Klosal Malomang, pengunjung yang bertebaran sepanjang arena segera merapat membentuk lingkaran yang cukup ramai, bagi yang punya hobi mengambil vidio tak membuang kesempatan tersebut, segera mengabadikan lewat ponsel dan kamera masing-masing.

Bukan hanya pengunjung, Bupati Tanah Datar Eka Putra juga meminta agar Tari Klosal Malomang ditampilkan sebelum ia menyampaikan sambutan. Tujuannya, pimpinan daerah ingin melihatnya secara lansung.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here