Gelar Studium Generale, UIN Bukittinggi dan PTA Padang Tandatangani MoU

0
347

SABANA KABA, Bukittinggi—Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, mengadakan Studium Generale dengan narasumber Kepala Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang, Dr. Drs. H. Pelmizar, MH.I, dengan tema “Titik Singgung Kewenangan Peradilan Agama Dengan Hukum Adat Minangkabau”, mengawali perkuliahan semester genap tahun ajaran 2022/2023,

BACA JUGA : Polisi Tetapkan Tiga Tersangka, Terkait Pengrusakan Mobnas Satpol PP BA 35 N

Studium Generale ini dihadiri oleh lebih 600 orang mahasiswa Fakultas Syariah dari berbagai program studi, dan dibuka oleh Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum, Selasa (14/03/2023.

Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan, secara historis, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi memiliki akar yang kuat dalam sistem peradilan agama di Indonesia, karena pada sejarah perkembangannya, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi berawal dari Fakultas Syariah.

Banyak alumni Fakultas Syariah yang menempati posisi-posisi strategis di bidang peradilan agama di Indonesia. Oleh karena itu mahasiswa Fakultas Syariah diharapkan mampu meneruskan tongkat estafet untuk berperan aktif di bidang peradilan agama.

Selain Studium Generale, kegiatan ini juga diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dengan 1 Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang, dan 17 Pengadilan Agama (PA) di Sumatera Barat.

Kerjasama ini telah berlangsung lama dan terus diperbarui. Pada kesempatan kali ini, kesepakatan kerjasama dengan PTA Padang, ditandatangani oleh Kepala PTA Padang, Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Direktur Pascasarjana UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, dan Dekan Fakultas Syariah.

Sementara kesepakatan kerjasama dengan 17 Pengadilan Agama di Sumatera Barat ditandatangani oleh Kepala PA dan Dekan Fakultas Syariah. Diharapkan dengan kerjasama ini, dapat memfasilitasi potensi mahasiswa Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, sehingga harapan besar yang dititipkan di pundak mahasiswa Fakultas Syariah dapat terwujud.

Pada hari ini, anda semua duduk mendengarkan di belakang. Tetapi yakinlah dengan usaha maksimal dan doa, suatu saat anda akan duduk di baris depan menggantikan bapak dan ibu Kepala PTA dan PA yang hadir bersama kita hari ini”. Pesan motivasi Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi kepada mahasiswa membuat kegiatan hari ini berlangsung dengan khidmat. (SK.01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here