Jelang USBN Dimulai, Kadis Dikbud Abrar Ingatkan Kepsek dan Pengawas

0
207

Batusangkar ,(SK)–Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Ds. Abrar melaksanakan kegiatan monitoring pada Sekolah Dasar yang sedang melaksanakan USBN ke Gugus IV Kecamatan Lima Kaum di SDN 19 Parambahan, Kamis (3/5).

Dalam pengarahannya Kadisbud Tanah Datar menekankan kepada para pengawas untuk betul- betul memahami tugasnya yaitu mengawasi para siswa yang sedang melaksanakan ujian dengan sangat hati – hati sekali terutama dalam pengisian data pada lembaran LJK.

Dikatakan, tugas ini sangat penting karena menyangkut kevalidan data siswa yang akan dibaca oleh Sistem Komputer nantinya,” kata Abrar ketika diterima Ketua Gugus IV Hartati, S.Pd.SD bersama empat Kepala Sekolah dan sepuluh orang pengawas ruang di Gugus tersebut.

Ia mengingatkan, sedikit saja kesalahan dalam menyilangi atau menghitamkam kotak dalam lembaran LJK maka bisa berakibat fatal pada nasib para siswa dihadapan sistem komputer yang akan membaca hasil kerja para siswa nantinya. Untuk itu ketelitian dan kesabaran para pengawas ruang betul- betul diminta dengan sangat ikhlas.

Selanjutnya kepada semua Kepala Sekolah dan guru kelas , terutama guru kelas enam Sekolah Dasar ,Kadisbud berharap agar lebih intens menjaga hubungan komunikasi sekolah dengan para orang tua siswa , terutama pada hari- hari penting selama USBN berlangsung.

“Ini sangat penting bagi kesiapan mental dan emosi serta kecerdasan para siswa yang akan mengikuti ujian , jika komunikasi bagus terjalin antara siswa yang akan melaksanakan ujian pada pagi hari dengan orang tua , maka batin dan emosi para siswa akan tenang sehingga kecerdasan mereka akan tertantang untuk dapat menjadi yang terbaik saat membaca dan menjawab soal ujian.

Ucapan – ucapan bijak dan pesan – pesan kasih sayang dari orang tua dan guru kepada para siswa yang akan melaksanakan ujian akan mampu membangun emosi senang dan tenang serta mampu memacu kegembiraan hati para siswa, dengan begitu harapan kita sebagai insan pendidikan yang tidak bisa tidak harus menjalankan azaz kejujuran saat ujian akan terbantu terutama dalam menurunkan pengalaman siswa dalam hal mencontek atau menunggu jawaban teman yang akan dipindahkan pada kertas jawabannya.

Selanjutnya sehubungan dengan LJK Kadisbud sungguh sangat berharap agar betul- betul dipandu dan diteliti dengan baik oleh semua pengawas ruang dan kepala sekolah sehingga tidak ada kerugian yang diderita siswa karena kelalaian pengawas maupun kepala sekolah.

Akhir pengarahannya Kadisbud Tanah Datar Drs. Abrar berharap dalam doa semoga kondisi pengawas ruang ,kepala sekolah dan peserta USBN serta para orang tua siswa tetap sehat dan penuh semangat hingga ujian selesai.(MIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here