Luar Biasa, Nagari Pariangan dan III Koto Masuk 300 Desa Terbaik ADWI 2022

0
1017

SABANA KABA, Tanah Datar—Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan dan Nagari III Koto Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumbar maduk 300 Desa Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari 83.000 desa yang ada di Indonedia.

BACA JUGA : Diduga Sering Edarkan Sabu, Seorang Penjaga Sekolah Ditangkap Polisi

Kepala Dinas Parpora (Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) Tanah Datar melalui Kabid Pariwisata Efrison, SE kepada media ini menjelaskan, dari 300 desa tersebut akan diseleksi lagi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi 50 desa dan kita berharap nagari yang menjadi duta Luhak Nan Tuo tetap masuk nominasi.

“Pada tahun 2021 Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia dan kita berharap Nagari Pariangan dan Nagari III juga dapat menempatinya,” kata Kabid Pariwisata Efrison, Sabtu (23/04/2022).

Terkait dengan strategi pengembangan Pariwistaa Tanah Datar, Efrison mengatakan sebagai pariwiasata berbasis masyarakat dan memperbanyak event wisata.

“Dengan Program ADWI yang diluncurkan Kementerianterian Pariwisata sangat cocok dengan pengembangan pariwisata Tanah Datar,” tutur Efrison.

Menurutnya, saat ini sudah ada 16 nagari di Tanah Datar yang sudah ditetapkan melalui SK Bupati Tanah Datat sebagai desa wisata. Sementera Guberrnur Sumbat juga telah menetapkan 5 nagari di Tanah Datar sebagai agro wisata, masing-masing Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Nagari Sumpu Kecamatan Batipuh Selatan, Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh, Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan dan Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here