Staf Ahli Bupati Ermon Revlin, Budi Daya Ikan Perlu Digairahkan Kembali

0
975

SABANA KABA, Tanah Datar—Warga Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting perlu membudidayakan kembali ikan air tawar usai tanam padi, karena kegiatan tersebut jelas akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA : Musrenbang Tanjung Emas Digelar, Camat Zulkifli Berharap Bumnag Bersatu

Demikian disampaikan Staf Ahli Bupati Tanah Datar Ermon Revlin, ketika menghadiri acara Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kecamatan Padang Ganting di aula kantor camat setempat, Rabu (09/03/2022).

Dikatakan, dulu warga Padang Ganting sangat bergairah beternak ikan usai panen padi dengan sistem kolam sawah, tetapi akhir-akhir ini kegiatan yang dapat meningkatkan pereekonomian masyarakat itu sudah hampir ditinggalkan.

“Selagi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar ada bersama kita, mari kita rencanakan dan usulkan pemberdayaan ikan ini, sesuai dengan tema Musrenbang Peningkatan Pertumbuhan Ekinomi Melalui Program Unggulan Daerah,” kata Ermon yang juga putra Nagari Padang Ganting ini menambahkan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pakan (Pangan dan Perikanan) Tanah Datar Suhermen mengatakan, pemberdayaan perikanan kolam sawah ini boleh-boleh, asal benar-benar terencana dengan baik, punya keinginan untuk berkembang serta mampu menjadi usaha perikan yang mandiri kedepannya.

“Selama ini, ada ratusan kelompok petani ikan di Tanah Datar yang mendapat bantuan dari pemerintah, namun belum ada satupun yang betul-betul mandiri,” tutur Suhermen.

Sementara Camat Padang Ganting Ronal Satria dalam kesempatan itu mengatakan, semulanya acara Musrenbang ini diharapkan dapat dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Dapil 1, tetapi pada saat yang sama bapak dan ibuk kita ini punya tugas pula yang tak bisa ditinggalkan.

“Saya mohon maaf, undangan yang hadir tidak seberapa, ini tidak lain disebabkan kapasitas aula sangat terbatas, sehingga undangan yang kita undang juga terbatas dan ini hendaknya menjadi pemikiran kita bersama kedepannya,” kata Ronal.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Bapperlitbang Tanah Datar Adriyanti Rustam, Kabid dari berbagai OPD, Forkopinca, Wali Nagari Padang Ganting dan Atar serta undangan lainnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here