Terkendala Masalah Tanah, Gerbang Masuk Tanah Datar Masih Tinggal Mimpi

0
1122

Batusangkar, (SK)—Kabupaten Tanah Datar yang sering jugadisebut sebagai Luak Nan Tuo, hingga sekarang masih belum memiliki gerbang masuk, sebagai pertanda bagi pengendara kendararaan bermotor sudah berada di daerah yang dipimpin Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Dama.

“Tampaknya petinggi kita be!um mengalokasikan dana untuk pembangunan gerbang masuk, pada hal tersebut termasuk salah satu promosi daerah terhadap wisatawan yang ingin berkunjung ke Tanah Datar,” kata salah seorang pengamat wisata Tanah Datar kepada sabanakaba.com di Batusangkar, Rabu (25/4).

Ia menambahkan, bila dilihat daerah lain, katakanla Kota Sawah Lunto yang bertetangga dengan Kabupaten Tanah Datar, sudah mulai berbenah, sekaligus menunjukkan keberadaan wilayah dimata masyarakat luar.

Demikian juga Kabupaten Selatan, begitu kawasan Kota Padang berakhir, disambut dengan gerbang yang cukup megah. Bahkan, gerbang yang dibangun tersebut dimanfaatkan pula oleh wisatawan untuk betsrlfiria, sebelumb melanjutkan perjalanan ke berbagai objek wisata.

Kepala Baperlitbang Tanah Datar Alfian Jamrah ketika dihubungi lewat telepon selulernya mengakui, jika pembangunan gerbang masuk Tanah Datar ini masih banyak mengalami kendala. Salah satu diantaranya menyangkut tapal batas tanah, termasuk diantaranya pembebasan tanah masyarakat di perbatasan.

“Kita hampir tiap tahun menganggarkan pembangunan gerbang masuk ini, karena pembangunannya juga sudah menjadi pemikiran bapak bupati, na!un karena permadalahan iru tadi hingga sekarang mimpi kita bersama itu belum menjadi kenyataan,” kata Alfian Jamrah penuh serius.

Kepala Baperlitbang mengakui, dalam tahun anggaran 2018 Pemkab Tanah Datar kembali menganggarkan untuk pembangunan gerbang masuk di perbatasan Tanah Datar dengan Padang Pariaman atau dekat orang jual perkedel di Lembah Anai. Tidak dijelaskan berapa biayanya, karena tidak mungkin seluruhnya dikuasai.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here