TMMD di Koto Tuo Berakhir, Jalan Baru Sepanjang 4,46 KM dengan Lebar 6 Meter Berhasil Dibuka

0
511

SABANA KABA, Tanah Datar— Komandan Resor Militer (Danrem) 032 Wirbraja  Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo menutup secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 di lapangan sepakbola Amphibi Kecamatan Sungai Tarab, Jum’at (07/06/2024).

BACA JUGA : Minimalisir Bahaya Banjir Bandang, Pemerintah Pusat Bakal Bangun 40 Sabo Dam di Tanah Datar

Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 120 saat upacara penutupan melaporkan, TMMD bertujuan membantu Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI  guna menciptakan suasana yang kondusif hingga terwujud stabilitas keamanan yang mantap.

“Dalam pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan di Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab dengan menurunkan 150 orang prajurit dan 40 orang masyarakat ada beberapa sasaran fisik dan non fisik yang dilaksanakan, dan semua berjalan sukses dan lancar,” sampainya.

Adapun sasaran fisik, ungkap Pujo, pembukaan jalan baru sepanjang 4.460 meter dengan lebar 6 meter, kemudian pembuatan gorong-gorong baja 4 titik dan rehab 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Sedangkan kegiatan non fisik yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan KB dan kesehatan, penyuluhan stunting, penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” tambahnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran APBD Kabupaten Tanah Datar sebesar Rp 1 miliar  dan dari Mabes TNI Rp 474,5 Juta dan setelah dilaksanakan bisa dimanfaatkan maksimal untuk kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Inspektur upacara Dandrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo  membacakan sambutan Panglima Kodam 1 Bukit Barisan menyampaikan, TMMD merupakan program kolaborasi Pemda dengan TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ke depannya mari pelihara semangat kebersamaan, persatuan dan budaya gotong royong agar kemanunggalan TNI rakyat selalu terjaga dan terbina. Dan tentunya juga untuk menjaga fasilitas yang dibangun,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI yang telah sukses melaksanakan TMMD Ke-120 di Tanah Datar, di Nagari Koto tuo kecamatan Sungai Tarab selama 1 bulan.(WD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here