Anggota DPRD Zuli Rustam : 80 Persen Dana Pokir Dialokasikan untuk Nagari Barulak

0
924

SABANA KABA, Tanah Datar—Sebagai putra Nagari Barulak Kecamaran Tanjung Baru Zuli Rustam mengaku telah mengalokasikan Dana Pokir (Pokok Pikiran) nya untuk pembangunan nagari tersebut, karena anggota Fraksi PAN ini menyadari ia duduk di DPRD berkat dukungan masyarakat diujung Kabupaten Tanah Datar itu.

BACA JUGA :Terjadi di Batipuah, Sepeda Motor Tabrak Mobil Box Satu Orang Meninggal Dunia

“Kalau saja kita punya Dana Pokir Rp. 1,- Milyar, 80 pesen lebih diantaranya sudah kita alokasikan untuk pembangunan di Nagari Barulak,” kata Zuli Rustam ketika menyampaikan kata sambutan dalam acara Musrenbang Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru, Selasa (10/10/2023).

Dikatakan, Dana Pokir yang dialokasikan tersebut ada yang dititipkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk pembangunan pendidikan, ada melalui Dinas Koperindag untuk pembangunan di sektor ekonomi serta OPD lainnya yang terkait dengan pembinaan keagamaan.

Ia mengakui tahun 2022 banyak kegiatan yang direncanakan tak terlaksana, disebabkan masalah pandemi covid 19, masalah keterbatasan anggaran dan masalah aturan lainnya. Kegiatan ini tentu harus ada rujukan dari 2023, apakah sudah terlaksana atau belum, kemudian apa yang kita usulkan sudah merupakan kebutuhan atau keinginan.

Banyak usulan yang diusulkan ke kabupaten, tetapu tida terealisir, kondisi keuangan yang tidak mendukung, kemudian ada lagi aturan yang diatur yang tidak memunfkinkan usulan kita tidak twrencana

“Kecuali itu, saya ingin mempertanyakan kenapa proses tukar guling Pustu atau Puskesmas Pembantu di Barulak belum ada titik terangnya, mohon diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” harap Zuli Rustam yang menurut tokoh masyarakat anggota yang paling rajin hadir setiap Musnag atau Musrenbang di Barulak.

Sementara Camat Tanjung Baru Riki Afrizaldi, S.STP mengatakan, kita berharap Daftar Usulan RKP yang sudah diferivikasi dan sudah matang dapat kita sampaikan ke Dinas PMD PPKB melalui Kantor Camat Tanjung Baru. Sementara untuk pembebasan lahan sebelum kegiatan masuk APB Nagari seharusnya sudah tuntas agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Sedang Wali Nagari Barulak Mulyadi Dt.Bandaro Bodi usai membuka Musrenbang mengatakan, kalau ada yang tertinggal tentu kita cermati kembali dan kita usulkan sesuai dengan kepentingan bersama, karena hal ini merupakan kewajiban kita melaksanakannya.

Ia juga berharap kedepan, Nagari Barulak memiliki anggota DPRD Tanah Datar maupun Propinsi Sumatera Barat, karena kalau kita tidak punya wakil di Badan Legislatif, tidak mungkin pembangunan dapat dipacu seperti sekarang ini.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here