Bupati Eka Putra : Pelayanan Baik Terhadap Konsumen Kunci Keberhasilan UMKM

0
543

SABANA KABA, Tanah Datar—Bupati Tanah Datar Eka Putra menegaskan, pelayanan yang baik terhadap konsumen merupakan kunci keberhasilan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di daerah lain, oleh karena itu UMKM Tanah Datar sebaiknya juga meniru langkah-langkah yang telah dilakukan pengusaha lain tersebut.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Eka Putra, ketika membuka secara resmi Pelatihan Digital Enterpreneurship Academi (DEA) Angkatan 7 Tanah Datar oleh BBPSDMP Kominfo Medan bekerjasama dengan Kominfo dan Koperindag Tanah Datar di Emersia Hotel Batusangkar, Selasa (07/06/2022).

Dikatakan, sasaran UMKM melayani konsumen jelas untuk menjual produk yang dihasilkan, jika pengusaha UMKM menghadapi konsumen ini dengan muka cemberut, mana mungkin orang mau membeli produk yang ditawarkan.

Pengadaan Pelatihan DEA ini jelas membekali Pengusaha UMKM dengan pengetahuan digital, sehingga kedepan tidak perlu lagi menitip di tokopedia, shofee dan lain-lain, tetapi menggunakan aplikasi sendiri.

“Kesemuanya itu tentu bisa dicapai, bila bapak dan ibuk peserta pelatih bersemangat dan serius mengikutinya,” tambah Bupati Eka Putra.

Sementara Kepala BBPSDMP Kominfo Medan diwakili Parluhutan Siregar dalam jesempatan itu mengatakan, Pelatihan DEA ini memberikan pemgetahuan dasar-dasar kewirausahaan yang berkaitan dengan digital.

“Untuk tahun ini ada 7 kabupaten dan kota di wilayah BBPSDMP Kominfo Medan lokasi pelaksanaan DEA , masing-masing 5.000 s/d 15.000 peserta per kabupaten dan kota,” tambahnya.

Sejak Pandemi Covid 19 banyak usaha yang tak bisa mengembangkan usaha, bahkan ada diantaranya yang tutup sama sekali, namun setiap ada kesulitan tentu ada solusinya, mengingat UMKM memegang peranan dalam perekonomian Indonesia, oleh karena itu UMKM harus diselamatkan.

“Salah satu cara dengan memberikan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy atau DEA bagi para pelaku usaha,” katanya mengakhiri.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here