Dihadiri Diaspora 50 Negara, Festival Pesona Minang Kabau 2023 Bernuansa Internasional

0
1115

SABANA KABA, Tanah Datar— Festival Pesona Minang Kabau 2023 yang akan digelar di Istano Basa Pagaruyung selama 4 hari, mulai Kamis (07/12/2023) diperkirakan akan berlangsung lebih meriah, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena 200 orang Diaspora dari 50 negara sudah menyatakan hadir dalam event di akhir tahun tersebut.

BACA JUGA : Jembatan Taluak Putus Dihantam Banjir, Dua Kawasan di Pariangan Kembali Terisolir

Kepala Dinas Parpora (Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) Tanah Datar Riswandi didampingi Kabid Pariwisata Efrison menjelaskan, pelaksanaan Festival Pesona Minang Kabau 2024 walaupun didukung dengan dana yang terbatas, Rp.180,- juta, kita akan coba laksanakan semeriah mungkin, sehingga tetap menjadi event nasional.

Dikatakan, selain dihadiri Diaspora 50 negara, acara ini juga akan disemarakkan dengan tari massal dari 10 nagari yang terseleksi dalam Progul (Program Unggulan) Satu Nagari Satu Event yang dilaksanakan 25 nagari se Tanah Datar tahun 2023.

“Acara ini merupakan puncaknya Satu Nagari Satu Event yang telah dilaksanakan oleh 19 nagari pertama dan 6 nagari kedua, meskipun ada yang mengundurkan diri seperti Nagari Pasia Laweh, Pariangan dan lain-lain,” kata Kadis Riswandi dalam acara Jumpa Pers Festival Pesona Minang Kabau 2023 di Aula Dinas Parpora Tanah Datar, Rabu (06/12/2023).

Ia menyebutkan, selain dari berasal Diaspora dari 50 negara, kegiatan Seminar Bundo Kanduang se Dunia ini akan diikuti sekitar 600 bundo kanduang dari provinsi se Indonesia serta bundo kanduang kabupaten dan kota se provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya Hal 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here