Manfaatkan Potensi Nagari, SMPN 3 Sungayang Semakin Disenangi Siswa

0
694

SABANA KABA, Tanah Datar—SMP Negeri 3 Sungayang Kecamatan Sungayang kini semakin disenangi siswa, setelah Kepala Sekolah Elyandy R S.Pd.Kons berusaha keras memanfaatkan potensi yang ada di nagari termasuk perantau yang sukses di negeri orang.

BACA JUGA : Dapat Dua Kursi di Dapil 3, Partai Golkar Pastikan Raih Unsur Pimpinan DPRD Tanah Datar

Kepala SMPN 3 Sungayang Elyandy R S.Pd.Kons ketika ditemui di ruang kerjanya Kamis (22/02/2024) mengatakan, dulu ketika baru masuk di sekolah ini jumlah murid atau siswa hanya satu lokal, dengan 16 siswa, berkat kerja sama dengan berbagai pihak, Alhamdulillah sekarang sudah 30 siswa per lokal.

“Alhamdulillah sekarang jumlah rombongan belajar suda
h mencapai 76 siswa, masing-masing 30 siswa kelas 7, 30 siswa kelas 8 serta 16 siswa kelas 9,” kata Elyandy yang mantan guru SMPN 1 Batusangkar ini menambahkan.

Menurut Elyandy, upaya yang telah dilakukan dalam menarik minat siswa untuk belajar di sekolah ini diantaranya berupa menjalin kerja sama dengan unsur nagari, merangkul perantau terutama Mulya Grub serta mendatangkan guru seni budaya.

Kepedulian perantau Minang Kabau dari Mulya Grub sangat kita hargai sekali, karena yang bersangkutan telah membantu siswa dalam bentuk baju seragam, sehingga terlalu memberatkan kepada siswa yang bersekolah disini.

“Kita sekarang sudah punya guru seni budaya Yeni Eliza dari Sanggar Sari Bunian, sehingga beberapa waktu lalu sudah bisa tampil dalam bentuk tari massal pembukaan MTQ Sungayang,” tutur Kepsek SMPN 3 Sungayang.

Menjawab pertanyaan media ini seputar kurangnya minat lulusan SD masuk ke SMPN Sungayang tidak terlepasnya dari belum maksimalnya pelaksanaan zonasi, sehingga para siswa yang seharusnya masuk zonasi sekolah ini, masih masuk ke sekolah dalam kota Batusangkar.

Ia mengakui dari segi kondisik fisik masih banyak yang diperlukan oleh SMPN 3 Sungayang, karena hingga sekarang kita belum punya pagar permanen, kecuali pagar hidup alias bonsai. Kemudian, kits juga butuh mobiler.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here