Minat Jadi Wali Nagari Tinggi, 131 Balon Ikuti Tes Kemampuan Dasar di Pessel

0
331

Pessel, (SK)—Tidak kurang dari 131 Balon Wali Nagari dari 19 Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan Propvinsi Sumatera Barat mengikuti TKD (Tes Kemampuan Dasar), sebagai salah satu proses dari rangkaian Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak di Kabupaten Pesisir Selatan.

Demikian dikemukan Kepala Dinas PMPNKB (Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Nagari dan Keluarga Berencana) Kabupaten Pesisir Selatan Hamdi kepada sabamakaba.com , usai membuka kegiatan TKD tersebut di Gedung STAI Al Ikhlas Sago, Sabtu (7/4).

Hamdi selanjutnya mengakui, minat untuk menjadi Wali Nagari pada masing-masing nagari di Kabupaten Pesisir Selatan boleh dikatakan cukup tinggi sekali, sementara setiap nagari untuk ditetapkan sebagai Calon Wali Nagari tidak melebihi dari 5 calon.

“Untuk mendapatkan maksimal lima calon pada masing-masing nagari harus melalui seleksi terlebih dahulu dari Bakal Calon Wali Nagari menjadi Calon Wali Nagari,” kata Hamdi menambahkan.

Ia berharap, dengan adanya Tes Kemampuan Dasar ini akan terseleksi calon pemimpin terbaik di tingkat nagari, sehingga kedepan Wali Nagari sebagai Pemerintahan terendah di Pesisir Selatan betul-betul dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya.

“Sukses Wali Nagari juga sukses Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, karena Wali Nagari merupakan perpanjangan tangan Bupati dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini,” ujar Hamdi mengakhiri keterangannya.(ED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here