Terkait Pembahasan Tiga Ranperda, Fraksi PAN Tanggapi Serius Masalah Sampah

0
515

SABANA KABA, Tanah Datar—Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Tanah Datar menanggapi serius masalah sampah di Kabupaten Tanah Datar dalam rapat paripurna penyampaian Pandangan Umum Fraksi, terkait pembahasan tiga Ranperda yang diajukan Bupati Tanah Datar pada rapat paripurna sebelumnya.

BACA JUGA : Rayakan Ultah ke 58, DPD Golkar Tanah Datar Gelar Jalan Sehat Bertabur Hadiah

“Kabupaten Tanah Datar memiliki 75 nagari, setiap nagari memiliki pasar yang merupakan salah satu sumber timbulnya sampah. Belum lagi sampah rumah tangga yang belum terkelola dengan baik, walaupun dibeberapa nagari sudah ada bank sampah,” kata juru bicara Fraksi PAN Jasmadi, ST ketika menyampaikan pandangan umum fraksinya, Rabu (12/10/2022).

Jasmadi menyebut, munculnya permasalahan sampah ini di nagari-nagari, karena Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) dan kontainer sampah di setiap pasar nagari belum ada kepastian serta tidak jelasnya armada dan petugas sampah yang bertanggung jawab, sehingga sering ditemui sampah berserakan di pinggir jalan, dibuang ke sungai dan danau.

Sehubungan permasalahan tersebut, kata Fraksi PAN, kami mohon penjelasan dari Pemerintah Daerah tentang seberapa besar sampah yang dihasilkan setiap harinya di Tanah Datar dan seberapa banyak Tempat Pembuangan Sampah Akhir atau TPSA serta bagaimana status tanahnya.

“Dari Ranperda yang dibahas ini belum tergambar bagi kami, apa bemtuk sanksi bagi masyarakat atau badan yang tidak mematuhi Perda tentang Pengelolaan Sampah ini di Tanah Datar. Kemudian, seberapa banyak armada sampah yang tersedia serta bagaimana caranya, jika nagari membutuhkannya untuk mengangkut sampah ke TPSA.

Selain Fraksi PAN, juga menyampaikan Pandangan Umum Fraksi Nasdem dengan juru bicara Adrijinil Simabura, PKS Istiqlal, Gerindra Kamrita, Demokrat Donna, Hanura M.Haikal, PPP Zulhadi serta Perjuangan Golkar dengan juru bicara Apriman.

Rapat paripurna pembahasan tiga Ranperda masing-masing tentang Pengelolaan Persampahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum dan Perubahan atas Perda No.1 Tahun 2017 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Wali Nagari ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, SE, MM, dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopinda, Kepala OPD dan undangan lainnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here