Ranperda Diajukan, DPRD Hujani Bupati Tanah Datar dengan Pertanyaan

0
1207

Batusangkar, (RS)—Pembahasan Ranperda tentang Pelaksanaan Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Nagari memasuki penyampaian Pandangan Umum Fraksi DPRD Tanah Datar, setelah sebelumnya Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Drs.Hardiman menyampaikan Nota Pengantar di gedung yang sama.

Sembilan Fraksi telah menyampaikan pandangannya dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Saidani, SP, didampingi Ketua DPRD Anton Yondra, SE dan Sekwan Elizar, SH. serta dihadiri Sekda Drs.Hardiman dan sejumlah pejabat eselon II dan III, Camat serta Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar, Kamis (29/3).

Fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicara Helida R Algamar dalam kesempatan itu mempertanyakan tentang apa yang dimaksudkan dengan nagari dapat memberikan pertimbangan kriteria lain yang ditetapkan dengan Peraturan Wali Nagari, sebab bobot penilaian seleksi criteria lain ini sebesar 30 persen.

PDI Perjuangan juga mempertanyakan tentang selain penghasilan tetap, Perangkat Nagari menerima Jaminan Kesehatan dan dapat menerima Tunjangan Tambahan Penghasilan dan Penerimaan lainnya yang sah, dengan memperhatikan masa kerja dan jabatan Perangkat Nagari. Jaminan kesehatan dimaksud, apakah bersumber dari APB Nagari atau sumber lainnya.

Sementara Fraksi Demokrat dengan juru bicara Nurhamdi Zahari mempertanyakan tentang persyarakatan khusus bagi Perangkat Nagari yang meliputi pandai baca tulis Al-Quran. Ia mempertanyakan bagaimana kategori dan penilaian “Pandai” yang disampaikan dalam Ranperda tersebut.

Fraksi Demokrat berharap Tim Seleksi Perangkat Nagari yang nantinya ditunjuk oleh Wali Nagari harus ada satu orang yang benar-benar ahli dan mengerti tentang baca tulis Al-Quran, hal ini dapat dibuktikan dengan ijazah formil dan non formil.

Sedangkan Fraksi Hanura dengan juru bicara M.Haikal mempertanyakan priodesasi masa tugas Perangkat Nagari, karena pada kenyataannya Keputusan tentang Pengangkat Nagari yang telah telah ada sa’at ini pada umumnya tidak mencantumkan periodesasi atau masa tugas Perangkat Nagari.

Enam Fraksi lainnya yang menyampaikan Pandangan Umum Fraksi, masing-masing Fraksi PPP dengan jurubicara Hafitrizal, Frakasi PAN Benny Remon, Fraksi Gerindra Afrizal, Fraksi Golkar Herman Sugiarto, Fraksi PKS Syafruddin Tasman dan Fraksi Bintang Nasdem disampaikan oleh Rasman Dt.Mudo.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here