Jelang Festival Pesona Minang Kabau, Tanah Datar Siap Gelar Event Terbesar 2023

0
912

SABANA KABA, Tanah Datar—Pemkab Tanah Datar menyatakan siap melaksanakan Festival Pesona Minang Kabau, event terbesar yang dilakuksn dipenghujung tahun 2023, tanggal 7 s/d 10 Desember 2023 di Istano Basa Pagaruyung Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas.

BACA JUGA : Manfaatkan Dana CSR, Nagari Atar dan Padang Gantiang Dapat PJU Solar Cell

Kepala Dinas Parpora (Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga) Tanah Datar melalui Kabid Pariwisata Efrison, SE mengatakan, untuk menghadapi pesta akbar tersebut, kita telah melaksanakan beberapa kali rapat atau pertemuan melibatkan OPD terkait untuk mematangkan persiapan, dipimpin Plt. Kadis Parpora Afrizal, SE.

Dikatakan, Festival Pesona Minangkabau (FPM) adalah puncak dari pelaksanaan Satu Nagari Satu Event 2023, dengan menampilkan kembali Pesona Budaya terbaik dan spesifik dari Nagari/ Desapelaksana Satu Nagari Satu Event.

“Sejalan dengan FPM juga melaksanakan Seminar dan Pelantikan Pengurus Bundo Kanduang. Bundo Kanduang dari Luar Negeri. Yang sudah mengkonfirmasi ada MDN (Minang Diaspora Network) 20 negara diantaranya dari Malaysia, Australia, Turki, Amerika, Singapura dan lain-lain,” tambah Efrison.

Menurut Efrison, meskipun kegiatan baru dimulai tanggal 7 Desember 2023, namun pihak Panitia Pelaksana sudah mulai disibukkan di Istano Basa Pagaruyung mulai tanggal 6 Desember 2023 dari jam 19.30 s/d jam 22.00 Wib, terutama dalam penyambutan tamu daerah, baik dari luar negeri maupun dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Insya Allah, usai dibuka Menteri Parkraf Sandiaga Salahuddin Uno akan menampilkan berbagai Budaya Spesifik Minang Kabau,” tutur Kabid Pariwisata.

Ia melanjutkan, pada hari yang sama juga ada Pawai Budaya Othentic Minangkabau, Maksn Bajamba, Silaturrahmi Bundo Kanduang, Pagaruyung Fashion Show, Pameran, Pameran Desa Wisata dan Pameran Benda-Benda Pusaka.

Kemudian, Jumat 8 Desember 2023 digelar Pengukuhan dan Seminar Bundo Kanduang dan tanggal 9 Desember 2023 dilanjutkan dengan Lomba Qasidah Rabana, sebagai wujud Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah serta Pacu Jawi.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here