Pemilik Tak Ketemu di Lokasi, Polisi Bakar Alat Penambangan Emas Tanpa Izin

0
672

SABANA KABA, Riau—Polsek Benai Polres Kuantan Singingi (Kuansing) terjun langsung menertibkan aktifitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi, sebagai upaya tindak lanjut pemberitaan salah satu media online tentang adanya dugaan penambangan emas illegal.

BACA JUGA : Cabuli Anak Bawah Umur, Seorang Tukang Cukur Rambut Ditangkap Polisi

Kapolres Kuansing melalui Kapolsek Benai Ipda A. Candra Widodo, SH begitu mendapat informasi memerintahkan personil Polsek Benai untuk melakukan Operasi Penertiban PETI Minggu (29/01/2023) pukul 11.30 WIB.

Tugas tersebut diberikan kepada Ps. Kanit Intelkam Aiptu Jluni Faisal, Ps. Kanit Propam Aipda Ade Irwandi dan Bhabinkamtibmas Desa Gunung Kesiangan Brigadir Marliwen Pides.

Kapolsek Benai Ipda A. Candra Widodo, S. H menjelaskan, pada saat dilakukan pengecekan ke lokasi oleh 3 (tiga) personil Polsek Benai, di titik lokasi tidak ada ditemukan lagi aktifitas Penambangan Emas Tanpa Izin yang sedang beroperasi, namun sebagian peralatan yang digunakan untuk penambangan masih terdapat di lokasi.

“Ada dua unit rakit di Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai seperti yang diberitakan di media online tersebut, ” jelas Candra.

Candra selanjutnya menjelaskan, petugas kemudian terhadap sebagian peralatan PETI yang ditemukan di lokasi tersebut langsung dilakukan pengerusakan dengan cara dibakar, dengan tujuan agar peralatan yang telah dibakar tersebut tidak dapat di pergunakan lagi oleh para pelaku tersebut.

“Meski belum menemukan para pelaku PETI, pihaknya akan melakukan penyelidikan atas tindakan yang telah dilakukan. Kita akan cari tahu siapa pelaku dan pemilik sisa-sisa peralatan yang digunakan untuk Penambangan Emas Tanpa Izin ini,” ungkapnya.

Usai operasi penertiban PETI tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan masyarakat sekitar agar memberitahukan kepada petugas apabila ada aktifitas PETI dilokasi tersebut dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak ada lagi melakukan kegiatan aktivitas PETI.

Kapolsek Benai tetap akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan Pertambangan Emas Tanpa Izin di wilayah Hukum Polsek Benai secara kontinu, apabila masih ditemukan akan dilakukan penindakan.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah turut serta membantu Polri dalam rangka pemberantasan PETI dengan memberikan informasi serta kepada rekan media yang selalu berkontribusi dalam bentuk penyebaran informasi apabila diwilayahnya ada aktifitas PETI, ” tutup Candra mengakhiri keterangannya seperti dikutip dari TBNews Riau.(SK.01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here